Layanan Unggulan

 

DR BUDI GAMBAR

Laparoskopi merupakan suatu Tindakan Bedah Minimal Invasif yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil sebagai pembuka jalan masuk operasi. Pembedahan dilakukan dengan peneropongan ke dalam rongga tubuh menggunakan kamera yang dihubungkan ke layar monitor untuk kemudian dilakukan tindakan operasi dengan alat-alat khusus. Tindakan ini dapat berfungsi sebagai tindakan diagnostik (untuk menegakkan diagnosa) maupun terapetik (pengobatan).

Keunggulan teknik laparoskopi dibanding teknik bedah konvensional antara lain:

  • Ukuran luka lebih kecil sehingga nyeri pasca operasi lebih minimal.
  • Kemungkinan infeksi serta perdarahan lebih kecil.
  • Perawatan di Rumah Sakit dan pemulihan pasca operasi lebih singkat.
  • Bekas luka lebih kecil sehingga dari segi estetika lebih baik.

Layanan Laparoskopi Mitra Keluarga Cikarang mencakup Laparoskopi Saluran Cerna (contohnya batu pada kantung empedu serta radang usus buntu) dan Laparoskopi     Kebidanan & Kandungan (contohnya pada kasus endometriosis, mioma rahim, kista ovarium, perlekatan antara organ panggul, kehamilan ektopik dan MOW /sterilisasi).

DR SHIELA GAMBAR

Endoskopi adalah salah satu prosedur pemeriksaan medis untuk memeriksa saluran pencernaan dengan menggunakan alat berbentuk seperti selang elastis dengan lampu dan kamera optik di ujungnya, kemudian ditampilkan pada monitor.

Endoskopi saluran pencernaan meliputi :

  • Gastroskopi yaitu pemeriksaan Endoskopi untuk Saluran cerna bagian atas (mulut,           kerongkongan,lambung, sebagian usus 12 jari)
  • Kolonoskopi yaitu pemeriksaan Endoskopi untuk Saluran cerna bagian bawah(anus, rectum dan usus besar)

Endoskopi dapat berfungsi sebagai alat diagnostik (menegakkan diagnosa) maupun terapetik (pengobatan), diantaranya :

  • Mengetahui penyebab gejala nyeri di ulu hati yang menetap dan berlangsung lama.
  • Mengetahui penyebab dan lokasi perdarahan saluran cerna berupa hematemesis(muntah   darah) atau melena (BAB berdarah).
  • Mengetahui ada tidaknya pelebaran pembuluh darah di kerongkongan dan lambung.
  • Mengevaluasi luka akibat menelan zat korosif.
  • Mengikat pembuluh darah di kerongkongan yang melebar karena varises.
  • Mengeluarkan benda asing yang tersangkut di kerongkongan atau tertelan seperti duri ikan, koin, gigi palsu dan lain-lain.
  • Mendeteksi kanker usus besar.
  • Menentukan penyebab diare atau sembelit yang menahun.
hemodialisa gambar
Hemodialisa adalah suatu pengobatan bagi orang yang menurun fungsi ginjalnya. Hemodialisa mengambil alih fungsi ginjal untuk membersihkan darah dari Zat-zat sisa (racun) dan cairan tubuh yang berlebih .
Mitra Keluarga Cikarang memiliki mesin Hemodialisa khusus untuk Pasien dengan Hepatitis B (Mesin Hemodialisa untuk pasien dengan Hepatitis B tidak boleh digabungkan dengan Pasien Hemodialisa lainnya) serta menyediakan layanan tindakan pemasangan Akses AV shunt (membuat sambungan pembuluh darah vena dan arteri) pada lengan untuk keperluan Hemodialisa

DR MAHDIAN GAMBAR

Pelayanan mencakup diagnostik dan terapi pada kasus saraf sebagai berikut :

  1. Penanganan Trauma Kepala dan tulang belakang.
  2. Penanganan stroke perdarahan dan kelainan pembuluh darah otak.
  3. Kelainan pada tulang belakang mencakup penanganan fraktur, tumor, infeksi, kelainan bentuk tulang belakang serta gangguan pada penyakit degenerative  (seperti HNP cervical & lumbal, dan lainnya)
  4. Penanganan nyeri saraf kronis

 

Merupakan prosedur tindakan pemeriksaan dan penanganan Batu saluran kemih yang menggunakan suatu alat yang dimasukkan melalui saluran kemih kemudian batu dipecahkan dengan gelombang pneumatik. Pecahan batu akan keluar bersama air seni.

 

dr vinci gambar

Pemeriksaan Bronkoskopi adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat langsung kelainan pada saluran pernapasan dengan mengambil bilasan bronkial,     kerokan, sikatan maupun biopsi dengan menggunakan alat bronkoskop berupa selang kecil yang memiliki kamera dan terhubung ke monitor.

Tujuan dilakukannya pemeriksaan bronkoskopi ini antara lain :

Tujuan diagnostik (Menegakan Diagnosis) :

  • Mengambil bahan/sampel untuk pemeriksaan patologi anatomi. Dari proses ini dapat diketahui kelainan paru misalnya tumor paru, infeksi paru, sumbatan saluran nafas dan lain-lain.
  • Batuk darah yang berulang sehingga dapat diketahui sumber perdarahan.

Tujuan terapetik (Pengobatan) :

  • Untuk membersihkan slem, misalnya pada pasien-pasien ICU yang tidak sadar, pasien stroke yang disertai infeksi paru
  • Untuk mengambil benda asing yang masuk ke saluran napas.
  • Untuk menunjang tindakan operasi paru.

dr kris gambar

Teknik operasi / pembedahan ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknik operasi konvensional (pisau bedah) dimana penggunaan energi gelombang radiofrekuensi rendah menggantikan pisau bedah dalam memotong jaringan dengan berbagai kelebihan seperti : waktu operasi menjadi lebih singkat, jumlah perdarahan saat operasi dan resiko nyeri pasca operasi lebih minimal, proses pemulihan lebih cepat.

Radiofrekuensi THT digunakan pada kasus :

  • Radang amandel / pembedahan amandel.
  • Mengecilkan konka untuk kasus hidung tersumbat.
  • Melebarkan tenggorok / mengecilkan dasar lidah pada pasien Obstructive Sleep Apnea (OSA).
  • Mimisan berulang yang tidak sembuh-sembuh melalui pengobatan.
  • Pengangkatan tumor di bidang telinga hidung dan tenggorok.

Artroskopi adalah tindakan melihat bagian dalam sendi menggunakan kamera dengan lensa fiber optik melalui sayatan kulit yang kecil. Artroskopi dapat dilakukan pada beberapa sendi antara lain: bahu, pergelangan tangan, panggul, lutut dan pergelangan kaki. Keuntungan teknik ini adalah luka operasi yang kecil, diagnosis yang akurat dan nyaman, lama perawatan dan pemulihan yang lebih singkat, dan secara kosmetis bekas luka yang timbul lebih tersamar

Artroskopi banyak digunakan untuk mengatasi cedera sendi yang mengakibatkan robekan pada jaringan di dalamnya , selain itu dapat juga untuk membersihkan sendi pada pasien lanjut usia yang sendinya mengalami pengapuran.

DR FERRY GAMBAR

Cedera tangan di Indonesia banyak disebabkan oleh kecelakaan kerja dan kecelakaan lalu lintas. Cedera yang terjadi bisa berupa robeknya kulit dan otot, kerusakan urat, saraf dan pembuluh darah, patah tulang hingga terputusnya anggota tubuh.

Selain karena trauma, masalah pada tangan juga disebabkan oleh aktifitas berlebih, kelainan bawaan, tumor, infeksi dan peradangan.

Bedah tangan (Hand Surgery) adalah cabang ilmu bedah tulang (orthopedi) yang khusus mempelajari dan menangani masalah pada anggota gerak atas baik pada otot, pembuluh darah dan saraf maupun pada tulang dan sendi.

Berbagai cara digunakan untuk menangani masalah pada tangan mulai dari obat, suntikan, fisioterapi, latihan, pemakaian alat bantu hingga operasi dari yang sederhana hingga yang kompleks menggunakan bedah mikro.

Mengingat rumitnya jaringan dan pentingnya fungsi tangan, maka dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat untuk menghindari berkurangnya fungsi jaringan hingga kehilangan anggota badan.