Pelayanan Khusus

Intensive Care Unit (ICU) adalah suatu bagian dari rumah sakit yang mandiri (instalasi dibawah direktur pelayanan), dengan staf yang khusus dan perlengkapan yang khusus ditujukan untuk observasi, perawatan dan terapi pasien-pasien yang menderita penyakit, cedera atau penyulit-penyulit yang mengancam nyawa atau potensial mengancam nyawa dengan prognosis dubia.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup pelayanan yang diberikan di ICU adalah sebagai berikut :

  1. Diagnosis dan penatalaksanaan sepsifik penyakit-penyakit akut yang mengancam nyawa dan dapat menimbulkan kematian dalam beberapa menit sampai sampai beberapa hari.
  2. Memberi bantuan dan mengambil alih fungsi vital tubuh sekaligus melakukan pelaksanaan spesifik probelma dasar.
  3. Pemantauan fungsi vital tubuh dan penatalaksanaan terhadap komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit atau iatrogenik.
  4. Memberikan bantuan psikologis pada pasien yang kehidupannya sangat tergantung pada alat/ mesin dan orang lain.

Intermediate Care Unit adalah Unit pelayanan di Rumah Sakit bagi pasien dengan kondisi respirasi, hemodinamik, dan kesadaran yang stabil yang masih memerlukan pengobatan, perawatan, dan observasi secara ketat.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup intermediate care meliputi : Pelayanan IMC diberikan kepada pasien dengan kondisi kritis stabil yang membutuhkan pelayanan, pengobatan dan observasi secara ketat. Bidang kerja HCU meliputi pengelolaan pasien, administrasi unit, pendidikan dan pelatihan kebutuhan dari masing-masing bidang akan tergantung dari tingkat pelayanan tiap unit :

  1. Pengelolaan pasien langsung
  2. Administrasi Unit
  3. Pendidikan, pelatihan dan penelitian

Neonatal Intensive Care Unit (NICU) : Unit perawatan intensif neonatal adaalah sebuah unit di rumah sakit yang ditangani oleh tim yang terdiri dari dokter dan perawat yang terlatih dalam merawat bayi lahir prematur atau dengan kebutuhan khusus

Pediatric Care Unit (PICU) : Suatu unit perawatan yang merawat klien anak 29 hari – 14 tahun dengan keadaan gawat atau berat yang sewaktu-waktu dapat meninggal, dan mempunyai harapan untuk sembuh apabila dirawat secara intensif.

Perinatologi : fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir -12 bulan. Sedangkan  untuk bayi baru lahir yang sehat dirawat di ruang bersama ibunya (Gabung ruang)

Unit pelayanan NICU meliputi :

  • Bayi lahir dengan usia kelahiran ,28 minggu dengan berat lahir ,1000 gram yang memerlukan dukungan ventilasi mekanik
  • Bayi yang lahir dengan usia kelahiran ,28 minggu dan mempunyai resiko tinggi untuk gagal nafas
  • Bayi post pembedahan jantungbawaan/ penyakit jantung bawaan dengan resiko tinggi haemodinamik tidak stabil

Unit pelayanan PICU meliputi :

  • Pasien dengan resiko gagal nafas dan memerlukan bantuan ventilasi mekanik
  • Pasien post operasi jantung
  • Pasien dengan DSS
  • Pasien kejang berlanjut

Unit pelayanan Perinatologi  meliputi :

1. Status pasien, meliuti pelayanan pasien rawat inap

Pelayanan perinatologi apsien rawat inap yaitu pasien yang membutuhkan pelayanan perinatologi saat dalam perawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Mitra.

2. Lingkup pelayanan keperawatan neonatus mengacu pada empat tingkat pelayanan yaitu :

  • Pelayanan Perina (Pasien yang dirawat yang memerlukan observasi ketat dari bayi baru lahir – 1 bulan)
  • Bayi prematur atau yang sakit dan memerlukan stabilisasi seebelum dipindahkan ke fasilitas asuhan keperawatan intensif neonatus.
  • Bayi yang lahir denga usia kehamilan >32 minggu dan memiliki berat badan >1500 gram yang tidak memiliki ketidakmatangan fisiologis seperti apnoe, prematuritas, ketidakmampuan dalam asupan oral atau menderita sakit yang tidak diantisipasi sebelumnya
  • Bayi yang memerlukan oksigen nasal dengan pemantauan saturasi oksigen
  • Bayi yang memerlukan infus intra vena ferifer dan mungkin nutrisi parenteral untuk jangka waktu terbatas.
  • Bayi yang sedang dalam penyembuhan setelah perawatan intensif